Awan Mendung Tapi Udara Terasa Panas, Kenapa?

Ilustrasi (Foto : Cloudinary.com)

Kalian pasti sering merasakan udara panas tidak seperti biasanya padahal kalau dilihat ke langit matahari tidak menampakkan bola apinya melainkan awan mendung yang akan kita jumpai dan menandakan hujan akan turun.

Tahu ridak mengapa udara begitu terasa panas ketika hujan akan turun? Jawabannya sederhana. Ketika awan menghitam atau mendung akan terjadi proses perubahan uap air (gas) berubah menjadi air (cair).

Pada proses terjadinya mendung ini melepaskan sejumlah panas (kalor) ke udara. Awan mendung biasanya tidak terlalu tinggi jaraknya dengan permukaan bumi dibandingkan awan cerah yang terlihat sangat jauh sekali, dan efek panas yang dilepaskan awan mendung semakin terasa.

(Foto : 9wiki.net)

Kondisi ini yang menyebabkan udara yang kita rasakan lebih panas dibandingkan dengan cuaca saat sedang cerah. Sehingga yang kita rasakan adalah akumulasi dari pelepasan energi perubahan fase uap air menjadi air dan sisa energi panas yang dipancarkan bumi.

Lalu, mengapa awan mendung terlihat hitam?

Awan hitam yang bisa disebut mendung ini merupakan kumpulan air dan es yang sangat banyak sehingga cahaya matahari tidak dapat menembusnya sampai permukaan bumi. Akibatnya awan akan terlihat hitam atau gelap jika dilihat dari permukaan bumi tetapi jika kita lihat dari atas awan hitam akan terlihat putih seperti awan cerah karena terpapar sinar matahari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awan Mendung Tapi Udara Terasa Panas, Kenapa?"

Posting Komentar