Meski Tuna Netra, Pemuda Ini Lihai Bermain Skateboard

Dan Mancina (Foto: Jenkemmag.com)

Mempunyai keterbatasan tidak menutup kemungkinan bagi seseorang untuk menjalankan hobinya. Seperti pemuda satu ini, meski ia tidak bisa melihat tota, tapi hal itu tidak menjadi halangan baginya untuk melakukan hobinya bermain skateboard.

Pemuda bernama Dan Mancina itu menderita retinitis pigmentosa, yaitu penyakit mata keturunan. Penyakit ini pada akhirnya akan menyebabkan penderitanya buta total. Dengan segala keterbatasan, Mancina tidak pernah patah semangat untuk bermain skateboard.

Penglihatan Mancina mulai memudar saat ia berusia 13 tahun, dalam lima tahun terakhir penglihatannya semakin lama semakin menurun. Hingga pada akhirnya tahun lalu daya penglihatannya hanya tinggal 5% saja pada mata bagian kanannya. Dan saat ini ia sudah buta total.

Saat penglihatannya masih bisa berfungsi ia sering beraksi kickflips, fakies, dan trik-trik lainnya dalam skateboard. Meski sekarang ia sudah tidak bisa melihat sama sekali, ia tetap berusaha untuk bisa melakukan berbagai trik tersebut dengan menggunakan tongkat dan bantuan alat bunyi yang diletakan pada sebuah objek.

Hal ini dapat membantu Mancina mengetahui seberapa dekat dengan objek tersebut sebelum melakukan lompatan.

"Satu hari saya mendapat inspirasi membuat sebuah kotak bunyi, jadi saya bisa melakukan trik seperti yang pernah saya lakukan dulu" ujar Mancina, seperti dikutip dari situs Jenkemmag.com.

"Saya hanya ingin terus melakukan apa yang ingin saya lakukan" lanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meski Tuna Netra, Pemuda Ini Lihai Bermain Skateboard"

Posting Komentar