Ini 6 Alasan Uang Baru Mustahil Dipalsukan

Uang baru (Foto: Twitter)

Bank Indonesia (BI) dan pemerintah sudah merilis 11 desain uang baru pada hari Senin (19/12) kemarin. BI mengklaim kalau uang baru sekarang sangat mustahil untuk dipalsukan.

Tidak bisa dipalsukan, lantaran uang baru memiliki banyak pengaman, khususnya untuk uang kertas. Dikutip dari CNN, ada enam pengaman pada uang baru yang befungsi mempersulit niat orang jahat untuk memalsukannya.

Pengaman ini terdiri dari color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature (level 2), tactile effect, dan rectoverso. Berikut simak penjelasannya yang lebih rinci seperti dikutip Wow Menariknya dari CNN.

Color Shifting

Pemilik uang bisa merasakan pengaman color shifting dengan memandang uang tersebut dari sudut pandang yang berbeda.

"Akan terlihat perubahan warna secara kontras dari uang tersebut," kata keterangan resmi BI (19/12).

Rainbow Feature

Pengaman ini akan membuat pemilik uang yang melihat dari sudut pandang tertentu akan menemukan gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal.

Latent Image

Latent image memungkinkan pemilik uang untuk melihat gambar tersembunyi berupa huruf B dan I pada bagian depan uang dan angka nominal pada bagian belakang jika dilihat pada sudut tertentu.

Ultra Violet Feature

Pengaman ultra violet feature membuat desain UV feature memendar menjadi dua warna di bawah sinar matahari.

Tactile Effect

"Uang desain tahun emisi 2016 juga menyempurnakan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah," ujar BI.

Rectoverso

Uang yang kita miliki akan membentuk gambar saling isi berupa logo BI ketika ditrawang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini 6 Alasan Uang Baru Mustahil Dipalsukan"

Posting Komentar