Tsimane, Suku Pemilik Jantung Paling Sehat Di Dunia

Suku Tsimane (Foto:unm.edu)

Penyakit jantung tercatat sebagai penyebab kematian terbesar di dunia. Yang lebih mengerikannya lagi kematian karena penyakit jantung bisa mendadak tanpa ada tanda-tanda terlebih dahulu. Tapi suku yang satu ini diklaim memiliki jantung paling sehat di dunia, kira-kira apa sih rahasianya?

Menurut studi yang dipublikasikan oleh The Lancet menyebutkan bahwa orang-orang di Suku Tsimane di Bolivia dikenal memiliki pembuluh darah paling sehat di dunia sehingga jantung pun ikut sehat.

Laporan studi tersebut juga menyebutkan kalau orang-orang di Suku Tsimane memiliki tingkat penyakit jantung koroner (arteriosklerosi) yang paling rendah di dunia dibandingkan dengan Amerika Serikat.

(Foto: unm.edu)

Professor Kaplan dan peneliti lainnya yang melakukan studi observasi, mengunjungi 85 desa di Suku Tsimane untuk memeriksa risiko penyakit jantung setiap penduduk dengan melakukan CT Scan.

Penelitian ini melibatkan pemeriksaan jantung terhadap 705 orang dewasa berusia 40-94 tahun yang dilakukan antara tahun 2014 sampai 2015.

Hasilnya menunjukkan sembilan dari sepuluh yang diperiksa memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner. 13% memiliki risiko yang rendah dan 3% lainnya memiliki risiko tingkat sedang sampai tinggi.

Untuk penduduk berusia lebih dari 75 tahun, hanya 8% yang memiliki risiko terkena penyakit jantung paling sedang dan tinggi. Data ini menunjukkan bahwa orang yang sudah tua di suku ini memiliki risiko terkena penyakit jantung yang rendah.

Lalu apa sih rahasia Suku Tsimane sampai memiliki jantung paling sehat?

(Foto: Center for Evolutionary Psychology)

Peneliti mengatakan kalau jantung mereka yang sehat bukan karena faktor genetik tapi karena gaya hidup mereka yang sehat.

Profesor Hillard Kaplan, salah satu penulis studi dari University of New Mexico, mengatakan kalau konsumsi lemak jenuh yang rendah dan makanan olahan di Suku Tsimane sangat rendah. Mereka cenderung lebih mengkonsumsi makanan alami, seperti memburu binatang liar, menangkap ikan, dan juga tidak merokok.

Profesor Kaplan menambahkan kalau diet sehat mereka membuat pembuluh mereka jadi mengeras sehingga risiko terkena penyakit jantung koroner lebih rendah.

Selain itu mereka sering bergerak melakukan aktivitas sehari-sehari dan lebih aktif dibandingkan dengan masyarakat modern.

Hal itulah yang membuat masyarakat Suku Tsimane memiliki jantung yang lebih sehat ditambah lagi mereka tidak merokok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tsimane, Suku Pemilik Jantung Paling Sehat Di Dunia"

Posting Komentar