Di Dunia Ini Hanya Ada 4 Warna Buku Paspor, Ini Artinya!


Paspor merupakan dokumen penting yang dikeluarkan secara resmi oleh pihak berwenang yang memuat identitas pemegangnya yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan perjalanan antar negara. Jadi tanpa paspor, mustahil Anda bisa pergi ke negara lain.

Dilansir Elitereaders, di dunia ini hanya ada empat warna untuk buku paspor, yakni hijau, merah, biru, dan hitam. Masing-masing warna tersebut memiliki arti yang berbeda-beda yang kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

Anda penasaran apa makna dari setiap warna buku paspor? Simak ulasannya di bawah ini tentang artis setiap warna buku paspor.

1. Merah


Warna merah merupakan warna yang paling banyak digunakan untuk cover buku paspor. Warna paspor merah ini biasanya dipilih oleh negara-negara dengan sistem komunis dulu atau sekarang. Seperti Serbia, Rusia, Lativa, Slovenia, Polandia, Tiongkok.

2. Biru


Warna biru menyimbolkan dunia baru. Paspor Amerika Serikat diubah jadi biru pada tahun 1976. Di sisi lain, 15 negara Karibia juga memiliki paspor berwarna biru. Di negara Amerika Selatan, seperti Brazil, Argentina, dan Paraguan juga menggunakan warna biru dalam buku paspor mereka. Warna biru buku paspor menandakan ikatan dengan serikat pekerja Mercosur.

3. Hijau


Kebanyakan negara Muslim, seperti Maroko, Pakistan, Arab Saudi, dan juga Indonesia memiliki paspor berwarna hijau Tahu tidak kenapa? Sebab warna hijau adalah kesukaan warna Nabi Muhammad yang merupakan simbol dari alam dan kehidupan.

Beberapa negara Afrika Barat, seperti Nigeria, Niger, dan Burkina Faso juga menggunakan paspor berwarna hijau, hanya saja warna hijaunya sedikit berbeda. Warna hijau tersebut sebagai tanda keanggotaan dalam Economic Community of West African States (ECOWAS).

4. Hitam


Paspor berwarna hitam banyak digunakan negara-negara Afrika, seperti Angola, Chad, Kong, Zambia, dan Malawi. Warna hitam dianggap sebagai simbol warna nasional mereka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di Dunia Ini Hanya Ada 4 Warna Buku Paspor, Ini Artinya!"

Posting Komentar